Posted by: kkpitriska | February 27, 2013

Format Worksheets

Microsoft Excel –> Format Worksheets

  • Menambahkan Border dan Color

Kita dapat menambahkan border pada lembar kerja kita. Caranya adalah dengan memblok terlebih dahulu cell yang akan kita beri border, kemudian  klik tombol pada tab home

border

Kemudian pilihlah jenis border yang diinginkan. Microsoft Excel 2007 menyediakan pula style border yang dapat langsung kita gunakan. Untuk menggunakannya klik tombol CELL STYLES pada tab home :

styleex

Kemudian untuk memberikan warna atau color pada cell (row atau column) dapat dilakukan dengan terlebih dahulu memblok cell yang akan di isikan warna, trus klik icon Fill Color pada tab home

fill color

  • Marge Cell, Allign  Cell Contents dan Wrap Text

Microsoft Excel juga menyediakan fasilitas merge cells dan memiliki fungsi yang sama seperti pada Microsoft word yaitu untuk menggabungkan dua cell menjadi satu.  Klik tombol berikut pada tab home.

margecell

Dan untuk mengatur alignment klik tombol berikut :

alligmn

Kemudian di Microsoft Excel juga terdapat icon Wrap Text yang memiliki fungsi untuk membuat teks multiple line. Caranya adalah klik cell yang akan format wrap text, kemudian klik icon wrap Text, untuk lebih jelasnya lihat pada gambar berikut

wraptxt

  • Format Number

Format number di Microsoft Excel berfungsi untuk mengatur  format angka yang meliputi, format Rupiah (Currency & Accounting Format), Percen, format decimal dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar berikut.

numberformat

  • Format Accounting

Format accounting berfungsi untuk memberikan simbul Rp pada bilangan atau angka

  • Percent Style

Percent Style berfungsi untuk memberikan tampilan nilai atau value berupa persentase

  • Comma Style

Comma Style berfungsi untuk memberikan format tampilan angka atau bilangan dengan separator (pembatas) berupa koma (,)

  • Increase Decimal

Increase Decimal berfungsi untuk menambah jumlah angka desimal

  • Decrease Decimal

Decrease Decimal berfungsi untuk mengurangi jumlah angka decimal

  • Insert dan Delete Cell serta Cell Size

Insert Cell

Insert Cell berfungsi untuk menambahkan baris atau column pada lembar kerja excel. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut

insertcell

Keterangan :

  • Insert Cells berfungsi untuk menambahkan baris (rows) atau column
  • Insert Sheet Rows berfungsi untuk menambahkan satu baris (rows)
  • Insert Sheet Columns berfungsi untuk menambahkan satu column (kolom)
  • Insert Sheet berfungsi untuk menambahkan satu sheet (worksheet)

Delete Cell

Delete Cell berfungsi untuk menghapus baris atau column pada lembar kerja excel. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut.

dellcell

Keterangan :

  • Delete Cells berfungsi untuk menghapus baris (rows) atau column
  • Delete Sheet Rows berfungsi untuk menghapus satu baris (rows)
  • Delete Sheet Columns berfungsi untuk menghapus satu column
  • Delete Sheet berfungsi untuk menghapus satu sheet (worksheet)

Cell Size

Cell Size berfungsi untuk mengatur lebar atau tinggi cell. Lihatlah gambar berikut ini

cellsize

Keterangan :

  • Row Height berfungsi untuk mengatur tinggi baris. Cara menggunakannya adalah, klik menu row height, terus  isikan ukuran tinggi (height), lalu klik ok.
  • Column Width berfungsi untuk mengatur lebar column. Caranya menggunakannya adalah, klik menu column width, terus isikan ukuran lebar column nya, lalu klik ok.

Responses

  1. great post


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: