Posted by: kkpitriska | July 23, 2011

Tips Ber Internet Secara Aman

Internet dewasa ini sudah menjadi kebutuhan hampir semua lapisan masyarakat. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari adanya internet, mulai dari sumber belajar, pusat bisnis, jejaring sosial, hiburan, transaksi perbankan maupun manfaat yang lainnya. Selain manfaat yang positif, internet juga memberi dampak yang negatif, seperti penyebaran virus, serangan cracker, pembobolan account, carding, cybercrime, maupun tindak kejahatan yang lainnya.

Oleh karena itu, berikut ini adalah Tips ber Internet secara aman supaya terhindar dari hal-hal yang negatif :

  • Gunakan Firewall, Firewall adalah sebuah sistem atau grup sistem yang menjalankan kontrol akses keamanan diantara jaringan internal yang aman dan jaringan yang untrusted seperti internet. Firewall membantu melindungi komputer dari hacker jahat, worm, dan beberapa spyware. Gunakan Windows Firewall (tersedia pada Windows XP SP2) atau produk-produk firewall lainnya baik yang harus beli maupun yang gratis. Beberapa program firewall komersial adalah ZoneAlarm, Agnitum Outpost Personal Firewall, Checkpoint Firewall, dll. Sedangkan yang gratis seperti Comodo Personal Firewall, Sunbelt Personal Firewall. Untuk pengguna internet broadband, pastikan router Anda sudah memiliki firewall
  • Gunakan Antivirus, Antivirus melindungi kita dari akses virus pada komputer dan serangan-serangan jahat lain seperti trojan dan worm. Antivirus mendeteksi virus, trojan, dan worm yang berdiam di komputer dan melakukan pemindai terhadap email yang masuk maupun email yang keluar. Yang terpenting adalah Pastikan Antivirus anda selalu diset untuk meng-update pengetahuannya tentang virus-virus terbaru. Pastikan juga program Antivirus anda adalah versi yang terakhir. Jangan membuka attachment email dari orang yang tidak anda kenal. Lakukan pemindai (scanning) terhadap removable device seperti hard disk external, USB disk, maupun CD/DVD yang terkadang mengaktifkan auto-run.
  • Rutin Update Windows, Update selalu sistem operasi Windows, dengan Microsoft Windows Update misalnya. Microsoft rutin mengeluarkan download gratis untuk membantu membereskan masalah-masalah keamanan di Windows dan Internet Explorer.
  • Scan Komputer Secara Kontinyu, Scan komputer yang sering anda gunakan untuk mejelajahi internet secara kontinyu untuk menghindari virus masuk ke sistem komputer.
  • Gunakan Anti Spyware, Spyware atau yang juga dikenal dengan nama “adware”, adalah semacam program tersembunyi yang berfungsi mengirimkan informasi mengenai komputer yang terinfeksi melalui komunikasi Internet ke si pembuat spyware. Biasanya spyware otomatis terinstal di komputer secara otomatis akibat kita men-download software tertentu dari sebuah situs. Menghilangkan spyware adalah satu langkah penting yang perlu dilakukan dalam proses membersihkan file-file ‘yang tidak diinginkan’ dari komputer. Ada banyak program yang bisa digunakan untuk menghilangkan file tersebut. Ad-aware dan Spybot Search and Destroy adalah dua contoh program yang bisa kita gunakan.
  • Hindari membuka link atau email yang tidak anda kenal, sebisa mungkin hati-hati membuka email yang dikirim dari orang yang tidak anda kenal, atau memiliki alamat email yang mencurigakan. Hindari juga meng klik link yang tidak anda kenal atau mencurigakan.
  • Gunakan Internet Seperlunya, tips yang paling gampang adalah gunakan internet seperlunya, jika sudah selesai melakukan sesuatu dengan internet, segeralah putuskan koneksi dengan internet.

Semoga tips ini bermanfaat buat semua orang,


Responses

  1. Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: